RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P)
Nama Sekolah : SMPNEGERI 4 KAB. TEBO
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester : IX / 1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami
kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR : 1.1.
Mengidentifikasi bangun – bangun datar yang sebangun dan kongruen.
ALOKASI WAKTU :
4 jam pelajaran (2 pertemuan).)
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Pertemuan Pertama dan Kedua,
1. Peserta didik dapat mendiskusikan dua
bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
2. Peserta didik dapat
mendiskusikan dua bangun datar sebangun atau kongruen
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Kesebangunan
C. METODE
PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran
: Pembelajaran kooperatif
2. Metode Pembelajaran
: Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
-
Pertemuan Pertama dan Kedua
Pendahuluan
- Apersepsi : Peserta
didik diajak untuk memperhatikan pengubinan lantai, atap atau halaman.
- Motivasi : 1. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode
pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Meminta Peserta didik untuk mencermati unsur-unsur yang terdapat pada dua bangun datar sebangun.
- materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
- menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
- melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
2.
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
3.
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
4.
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
5.
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
2. memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3. memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
a.
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
b.
membantu menyelesaikan masalah;
c.
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
d.
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
e.
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
§ melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
§ memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§ merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. SUMBER
PEMBELAJARAN
Lingkungan
Matematika 1 untuk kelas IX SMP dan Mts.
LKS Matematika Kelas IX Untuk SMP
Sumber lain yang relevan
F. Penilaian Hasil
Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun
datar
· Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Daftar pertanyaan
|
· Bangun-bangun manakah yang
sebangun dan manakah yang kongruen? Mengapa?
· Apakah kedua bangun berikut ini kongruen? Mengapa?
|
Mengetahui,
Kepala SMPN ………
( ………………….. )
NIP :…………………..
|
……. , ……. 20...
Guru Mapel
Matematika.
( ………………… )
NIP :……………………..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar